Kelebihan dan Kekurangan Windows 8



Apa kelebihan dan kekurangan Windows 8

Pada waktu windows 8 sedang dalam pengembangan dan berita yang bocor tentang fitur baru windows 8 seperti penambahan ribbon UI pada windows explorer, layar start baru dll, semua orang sangat antusias akan hal ini.
Kita semua berada dibawah kesan bahwa microsoft akan memberikan pilihan bagi pemakai/pengguna untuk beralih antara pilihan start menu dan start screen dan hal-hal lainnya, tapi ketika windows 8 comsumer priview (Public BETA) dirilis, kita tentunya sedikit kecewa.
Sepertinya microsoft telah memutuskan secara sepihak untuk memaksa pengguna windows 8. Microsoft dengan asumsi segala sesuatu di windows 8. Mereka menggangap bahwa pengguna akan mengetahui cara mengakses thumbnail start untuk mengakses start screen, mereka mengganggap bahwa pengguna akan tahu cara mengakses charm bar yang tersembunyi. dan banyak lagi dengan asumsi sepihak dari microsoft.
Tapi mereka lupa bahwa kita (pengguna mahir) bisa tahu tentang fitur baru ini karena kita membaca tentangnya diberbagai blog dan situs sejak beberapa bulan, tapi bagaimana dengan para pengguna/pemakai yang hanya membuka komputer dan memeriksa email saja diinternet?
Ada banyak pengguna yang tidak tahu apa itu Desktop? Apa itu Explorer? Mereka hanya tahu tentang tombol Start, Start Menu dan My Computer. Bagaimana mereka akan tahu di mana untuk meng-klik untuk membuka My Computer? Bagaimana mereka akan tahu bagaimana membuka program tanpa tombol Start?
Dulu, Windows dikenal karena kemampuan kustomisasi nya. Kita masih ingat ketika Windows XP kita bisa disesuaikan hampir setiap dan segala sesuatu di OS. Dan kemudian Microsoft meluncurkan Windows Vista dan mulai memaksakan sesuatu pada pengguna.
Pertama Microsoft menghapus kemampuan kustomisasi dari toolbar Windows Explorer (baris perintah). Anda tidak dapat menambahkan / menghapus tombol dari command bar Explorer walaupun masih mungkin dengan menggunakan Registry. Kemudian mereka menghapus start menu klasik dari Windows 7 dengan asumsi bahwa tidak berguna untuk pengguna. Bagaimana mereka menganggap itu? Setelah itu mereka menghapus keseluruhan Start Menu dari Windows 8 versi BETA dan sekarang tombol Start klasik juga hilang.
Mengapa Microsoft? Mengapa? Mengapa tidak memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengaktifkan fitur-fitur yang mereka inginkan untuk digunakan? Mengapa menghapus fitur bukannya menyediakan pilihan meskipun fitur tersebut hanya disembunyikan dan dapat diaktifkan dengan menggunakan tweak Registry atau perangkat lunak pihak ke-3?
Janganlah membuat Windows 8 menjadi seperti Windows Me atau Windows Vista. Microsoft meluncurkan Windows 7 untuk memperbaiki semua masalah yang dihadapi oleh pengguna di Windows Vista dan tampaknya hal yang sama akan terjadi dengan Windows 8, jika Microsoft tidak memperbaiki hal-hal sebelum dirilisya versi RTM.
Pada saat ini, Windows 8 tampaknya OS yang sempurna untuk perangkat tablet tapi cerita ini berbeda untuk Desktop atau laptop. Saya sudah mulai memiliki perasaan yang kuat bahwa Microsoft mulai mengembangkan Windows 8 hanya untuk tablet mirip dengan Android, IOS, dll, tapi kemudian mereka memutuskan mengapa tidak membuatnya kompatibel dengan Desktops juga? Dengan cara ini mereka dapat membuat keuntungan lebih dari itu. Itulah mengapa mereka termasuk segala sesuatu yang terbaik bagi tablet tetapi mengabaikan segala sesuatu yang terbaik untuk Desktop, sayang memang.
http://www.hong.web.id/wp-content/uploads/2012/03/Windows_8_Start_Selection.png
Jadi Microsoft harusnya memperbaiki beberapa hal di Windows 8 dan itu tentunya akan menyenangkan bagi semua orang.
2 Versi terpisah Windows 8 untuk Tablet dan Desktops
Microsoft harus membuat 2 edisi terpisah dari Windows 8: satu untuk perangkat sentuh seperti tablet dan satu untuk Desktops dan laptop.
Setelan Windows 8 seharusnya mendeteksi perangkat keras dan kemudian menginstal edisi yang sesuai dari Windows. Tablet edisi Windows 8 harus datang dengan Layar Mulai baru tapi edisi Desktop harus datang dengan tombol Start tua dan Start Menu model lama.
Microsoft juga harus menyediakan pilihan dalam Taskbar dan Start Menu Properties untuk beralih antara layar Start dan Start Menu seperti terlihat pada gambar berikut:
Ini akan menjadi cara terbaik dan pengguna akan dapat menggunakan apa yang mereka inginkan.
Kembalikan Tombol Start
Kita bisa mengerti bahwa Microsoft telah menggantikan Start Menu dengan Layar Mulai baru tapi kita tidak bisa memahami mengapa mereka menghapus tombol Start dari Taskbar? ini benar-benar sebuah keputusan yang salah. Kita tidak melihat kebutuhan menghapus tombol Start yang tidak mengambil banyak ruang pada Taskbar. Bahkan setelah penghapusan tombol Start, ada ruang kosong besar yang tersisa pada Taskbar.
Jika Microsoft ingin memberikan lebih banyak ruang pada Taskbar untuk pengguna Windows 8, mereka bisa saja diganti dengan Start ORB yang lain dengan gambar kecil yang tidak memakan banyak tempat.
Seperti contoh dibawah ini sebuah contoh sederhana dari tombol Start yang tidak mengambil banyak ruang dan menggunakan logo baru Windows 8:
http://www.hong.web.id/wp-content/uploads/2012/03/Windows_8_Start_Button.png
Contoh bikinan yang dibuat secara sederhana. Desainer Microsoft pasti dapat membuat tombol Start lebih cantik yang tidak mengambil banyak ruang pada Taskbar.
Percayalah Layar Mulai thumbnail tidak terlihat baik pada Taskbar dan tanpa tombol Start, Taskbar terlihat sangat jelek dan tidak lengkap.
Mengklik pada tombol Start adalah salah satu hal pertama yang dilakukan pengguna Windows setelah login.
Windows Explorer Ribbon Vs Toolbar Standar
Pelaksanaan pita (ribbon) pada Windows Explorer adalah ide yang baik karena pita menyediakan akses cepat ke pilihan yang berguna tetapi di sisi lain, pita memakan lebih banyak ruang di layar yang dibandingkan dengan toolbar lama atau bar perintah lama.
Pengguna Netbook atau Tablet pasti akan menghadapi sempitnya masalah layar saat bekerja pada Explorer Windows 8.
Meskipun kita dapat meminimalkan pita tapi itu bukan solusi terbaik. Sebaliknya Microsoft harus memberikan pilihan untuk beralih antara pita dan toolbar di Folder Options seperti terlihat pada gambar berikut ini:
http://www.hong.web.id/wp-content/uploads/2012/03/Windows_8_Explorer_Toolbar_Selection.png
Sejak command bar masih ada di Windows Explorer, apa salahnya menyediakan pilihan untuk mengaktifkannya lagi.
Dengan cara ini, pengguna akan dapat menggunakan apa yang mereka ingin digunakan dan tidak ada yang akan mengeluh tentunya.
Power Options: Restart, Shut Down, Hibernate, dll
Hal yang paling menjengkelkan di Windows 8 adalah tidak ada akses langsung ke power options yang merupakan bagian yang paling penting dari sebuah Operaing Sistem. Saat ini pengguna harus untuk mengakses opsi tersebut dari Settings charm. Apa? Mengapa pemakai berpikir bahwa power options ada di dalam Settings charm? Kata “Settings” atau “Pengaturan” berarti Anda akan mengubah pilihan, mana berarti Anda bisa mendapatkan power options di sana. Benar-benar membingungkan!
Restart dan mematikan sistem itu jauh lebih mudah dalam versi Windows sebelumnya. Pengguna bisa mengaksesnya dari Start Menu.
Jadi tempat terbaik untuk menyediakan pilihan ini pada Windows 8 adalah pada gambar Pengguna yang diberikan pada Layar Start. Ketika kita klik, kita bisa mendapatkan pilihan untuk mengunci, sign out, dll. Microsoft seharusnya menyediakan semupa Power options seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
http://www.hong.web.id/wp-content/uploads/2012/03/Windows_8_Power_Buttons.png
Yah dengan cara ini pemakai windows akan dapat menemukannya dengan mudah dan cepat, dan tentunya tidak ada yang mengeluh nantinya.
Demikian ulasan untuk kelemahan dan kelebihan Windows 8 untuk saat ini.
Microsoft! Silahkan disimak keluhan dan masukan untuk windows 8, atau tidak nanti windows 8 akan menjadi windows me versi 2 atau Vista versi 2. Atau jika ingin membuat windows 8 hanya untuk tablet yah silahkan, dan buatlah windows 9 untuk komputer desktop dan laptop saja.








0 komentar:

Posting Komentar

Profile My Blog

About Dik's

Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu'alaikum..... My Name is Andika Tri Murti, University Gunadarma

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.