MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup adalah nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, yang diplilih secara selektif oleh para individu dan oleh sekumpulan golongan dai dalam sebuah masyarakat. Pandangan hidup terdiri atas cita-cita, kebijakan, dan sebuah sikap hidup. Cita-cita, kebijakan dan sikap hidup itu tak dapat dipisahkan dengan kehidupan. Dalam kehidupan manusia tidak dapat melepaskan diri dari cita-cita, kebijkan, dan sikap hidup itu.
Sistem nilai budaya sering juga merupakan pandangan hidup atau world view bagi manusia yang hidup yang di anut  oleh sebagian besar warganegara dan masyarakat, “Pandangan Hidup” merupakan suatu sistem pedoman ynag dianut oleh golonagan-golongan ataupun lebih sempit lagi oleh setiap individu-indidu khusus di dalam sebuah masyarakat.oleh karena itu hanya ada pandangan hidup golongan atau individu tertentu, tetapi tak ada pandangan hidup seluruh masyarakat. Pandangan hidup merupakan bagian dari hidup masyarakat. Tidak ada seseorangpun yang hidup tanpa pandangan hidup meskipun tingkatanya berbeda-beda. Pandangan hidup mencerminkan citra diri seseorang karena dengan pandangan hidup itu mencerminkan cita-cita atau aspirasinya. Apa yang dikatakan oleh seseorang adalah pandangan hidup karena dipengaruhi oleh pola pikir tertentu. Tetapi terkadang, sulit dikatakan sesuatu itu pandangan hidup, sebab dapat pula hanya suatu idealisasi belaka yang mengikuti kebiasan yang sedang berlangsung di dalam masyarakat.
Sifat pandangan hidup elastis, bergantung pada situasi dan kondisi, tidak selamanya bersifat prinsipil atau hakiki. Bahakan pandangan hidup dapat terjadi tidak dengan kesadaran atau “ kesadaran yang dinyatakan”, tetapi” kesadaran yang tak dinyatakan”, sebagai akibat kepenggarapan kondisi.
 Pandangan Hidup dan Ideologi
Menurut William (1959) mengandung dua hal, yaitu:
1.      Unsur-unsur filsafat yang digunakan atau usulan-usulan yang digunakan sebagai dasar untuk kegiatan
2.      Pembenar intelektual untuk seperangkat norma-norma, seperti kapitalisme dan sebagainya
Ideologi merupakan komponen dasar terakhir dari sistem-sistem sosio budaya. Pengertian ini menyangkut sistem-sistem dasar kepercayaan dan petunjuk hidup sehari-hari. Suatu ideologi bagi masyarakat tersusun dari tiga unsur :
-          Pandangan hidup
-          Nilai
-          Norma-norma
Pendapat ini menunjukkan bahwa pandangan hidup itu merupakan bagian dari ideologi kebudayaan dapat membuat kemungkinan-kemungkinan menjawab pertanyaan tentang sesuatu dari kehidupan. Untuk menjawabnya masyarakat mengekspresikan hasil kebudayaannya untuk mencapai beberapa pengertian. Dalam kenyataan ternyata ilmu pengetahuan  mampu menjawab pertanyaan tetapi sekaligus mengundang pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Dalam beberapa hal dapat digunakan beberapa keterangan tetapi untuk pertanyaan mendasar tidak mungkin dijawab oleh pengetahuan.
Variasi-variasi pengelaman kemanusian yang dilkombinasikan dengan kebutuhan untuk suatu kepercayaan dunia akan menghasilkan banyak variasi (tak terbatas) dalam pandagan hidup. Masyarakat sekarang berbeda dengan masyarakat yang lalu, masyarakat dahulu cenderung didominasi oleh padangan hidup tertentu sedangkan masyarakat modern dalam berbagai hal telah menciptakan adanya konflik pandangan hidup tertentu, dan untuk pengabdian dirinya.
Untuk suatu masyarakat industri, pandagan hidup bukan merupakan sumber integrasi, sebagai mana halnya untuk masayarakat dahulu. Adanya kecenderungan reideologi dan retradisionalisasi masyarakat sekarang merupakan contoh yang nyata.
Pada abad ke18 dan awal abad ke20 banyak orang berfikir bahwa ilmu pengetahuan dapat menggantikan semua kedudukan ideologi dan merupakan pelengkap terakhir dari keterbatasa pandangan hidup sudah sangatnya wajar bahwa sains modern telah memikir segala sesuatu, bahwa mendidik  pribadi untuk bersikap mengambil sejumlah kemudahan dalam merumuskan padangan hidupnya. Tetapi, lambat laun sains tidak menghasilkan kreasinya, dalam kenyataan ia menghindar dari soal-soal yang mendasar tentang realitas
Sumber pandangan hidup
Macam-macam pandangan hidup berdasarkan sumbernya, dapat digolongkan kedalam 3 kelompok, yaitu :
-          Pandangan hidup yang bersumber dari agama (pandangan hidup muslim). Pandangan hidup ini memiliki kebenaran yang mutlak. Sebagai contoh,  pandangan hidup muslim bersumber dari Al-Quran dan Sunnah, dengan demikian pandangan hidup muslim adalah pandangan hidup yang setia kepada islam tentang bagaimana masalah asasi hidup manusia. Pandangan hidup muslim terdiri atas:
a.       Pedoman hidup ialah Al-Quran dan Sunnah
b.      Dasar hidupnya ialah Islam
c.     Tujuan hidupnya sebagai individu, anggota keluarga, warga lingkungan, warga negara atau bangsa, warga dunia dan warga alam semesta.
d.   Tugas hidup muslim ialah untuk beribadah, termasuk ibadah dalam arti khusus dan arti luas
e.  Fungsi hidup muslim adalah sebagai khlifah diatas bumi yaitu menerjemahkan sifat-sifat-Nya kedalam prikehidupan dan penghidupan sehari-hari dalam batas kemanusian, fungsi risalahnya yaitu mengemban tugas dakwah kepada segenap umat manusia
f.       Alat hidupnya adalah harta benda dan segala sesuatu yang dimiliki olehnya, jiwa raga dan sebagainya
g.      Teladan hidupnya adalah Nabi Muhammad sebagai utusan Allah
h.   Kawan hidupnya didalam umat muslim mempunyai arti khusus adalah suami atau istri yang taat kepada Allah dan semua orang yang pandangan hidupnya sama dengannya
i.        Lawan hidupnya adalah syetan dan bangsa jin serta manusia
Pandangan hidup muslim, ruang lingkupnya meliputi seluruh bidang hidup manusia. Ia hendak menuang bukan saja kehidupan perseorangan, melainkan juga susunan masyarakat kedalam pola-pola yang sehat sehingga ajaran islam dapat dibangun dengan sebenar-benarnya didalam permukaan bumi
-          Pandangan hidup bersumber dari ideologi merupakan abstraksi dari nilai-nilai budaya suatu negara ataupun satu bangsa
-          Pandangan hidup yang bersumber dari hasil perenungan seseorang sehingga dapat memberikan ajaran atau estetika hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

Profile My Blog

About Dik's

Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu'alaikum..... My Name is Andika Tri Murti, University Gunadarma

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.