TULISAN MANUSIA DAN HARAPAN

MANUSIA DAN HARAPAN

       Manusia hidup didunia ini memiliki harapan yang besar untuk hidupnya, harapan untuk hidup sukses dan harapan untuk hidup yang bahagia baik didunia maupun diakhirat nanti.Harapan adalah sesuatu keinginan besar untuk masa depan nanti yang indin dicapai oleh setiap manusia.Harapan manusia sudah ada pada saat manusia hidup didunia, apakah nantinya orang itu ingin hidup yang sukses kah atau ingin hidup gagal.Setiap orang pasti menjadi harapan bagi keluarganya contohnya didalam kehidupan kecil dalam keluarga yang bahagia, ada orang tua yang misalkan memiliki tiga orang anak, memang berat untuk menghidupi kehidupan dan membesarkan tiga orang anak dalam keluarganya, dan pada nantinya anak – anak tersebutlah yang menjadi tulang punggung dalam keluarganya sekaligus menjadi harapan kehidupan keluarganya kelak, memang pada orang tua tersebut tidaklah gampang untuk mengurusi tiga orang anak tersebut hingga dewasa nanti dan memberikan pendidikan sampai dewasa, kecuali orang tua tersebut berada dalam keluarga yang tergolong berada dan mampu, mereka tidak terlalu menggantungkan harapan yang begitu besar pada anak – anaknya asalakan anak – anak tersebut bisa menjadi anak yang baik.Dan sedangkan orang tua yang keluarganya itu hidupnya hanya pas – pasan pasti orang tua tersebut terlalu menggantungkan harapan yang sangat besar kepada anak – anaknya, karena siapa lagi yang menjadi tulang punggung dalam keluarganya ketika orang tua tersebut akan tua kelak.Jadi orang tua tersebut hanya menggantungkan harapan yang besar kepada anak – anaknya dan berharap anak – anaknya dapat menjadi orang yang sukses nantinya dan dapat menjunjung tinggi derajat kehidupan kedua orang tuanya.
       Jika orang tua yang memiliki tiga orang anak tersebut misalkan ada salah satu anak yang tidak berhasil atau belum sukses, orang tua tersebut hanya sedikit sedih kepada anaknya yang satu tersebut, karena orang tua tersebut tidak bergantung harapan kepada satu anak saja, tetapi orang tua tersebut bergantung harapan pada semua anaknya dan ketika salah satu anak itu belum berhasil orang tua tidak akan terlalu kecewa dan pasti akan memberikan dukungan penuh pada anak yang satu tersebut untuk sukses, orang tua yang memiliki ketiga orang anak dan ada satu anak yang tidak berhasil, orang tua tersebut tidak terlalu takut kalau nantinya perjuangannya membesarkan dan memberikan pendidikan yang layak kepada anak – anaknya akan sia – sia, karena orang tua tersebut masih memiliki kedua anak yang sudah sukses dan kehidupannya pun layak dan orang tua tersebutpun dapat bernafas sedikit lega karena kedua anaknya sudah sukses walaupun masih ada satu anak yang belum sukses.Orang tua tersebutpun bangga kepada anak – anaknya yang akhirnya menjadi harapan itupun sudah dapat terwujud dengan apa yang diinginkan kedua orangtuanya.
       Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa banyak anak banyak rezeqi yang didapat untuk orang tuanya, ketika orang tua banyak memiliki banyak anak memang orang tua tersebut penuh perjuangan yang sangat berat untuk menghidupi dan memberikan pendidikan yang layak untuk anak – anaknya tesebut,orang tua itu tidak terlalu cemas jika suatu saat nanti ada salah satu anak yang tidak berhasil, karena masih ada anak – anaknya yang lain yang sudah berhasil.Lain halnya dengan orang tua yang hanya memiliki satu anak saja dalam keluarganya, disini sangat jauh berbeda sekali cerita orang tua yang memiliki banyak anak dibandingkan orang tua yang hanya memiliki satu anak saja perbedaanya adalah ketika orang tua yang hanya memiliki satu orang anak itu memang tidak terlalu berat untuk menghidupi dan memberikan pendidikan sampai anaknya dewasa nanti dibandingkan dengan orang tua yang memiliki banyak anak tersebut, yang menjadi persamaanya memang mereka sama – sama berjuang untuk anak – anakya tapi itu tadi yang membuat beda adalah rasa perjuangannya yang berat dan tidak terlalu berat.Orang tua yang hanya memiliki satu orang anak saja itu sangat menggantungkan harapannya yang sangat besar kepada anaknya untuk maenjadi tulang punggung didalam keluarganya dan sekaligus menjadi anak yang suksen nantinya,lain halnya dengan orang tua yang keluarganya berada dan tergolong mampu, mereka tidak terlalu banyak berharap pada anaknya yang begitu besar, ada memang harapan untuk menjadi orang yang sukses, ya memang setiap orang tua pasti memiliki harapan kepada anak – anaknya agar berhasil nantinya dan dapat membuat kedua orang tuanya bengga tapi untuk orang tua yang hiduonya mapan, mereka tidak terlalu banyak berharap agar anaknya dapat berhasil menjadi apa yang orang tuanya inginkan.Tapi bagaimana jika orang tuanya berkehidupan yang pas – pasan saja? Orang tua tersebut banyak manggantungkan harapan yang sangat besar kepada anaknya tersebut untuk menjadi tulang punggung didalam kehidupan keluarganya dan sekaligus menjadi harapan apa yang diinginkan oleh orang tuanya.
       Memang untuk menghidupi untuk satu anak itu tidak terlalu berat bagi para orang tua, yang nantinya anak itu menjadi harapan satu –satunya untuk orang tuanya tersebut, setelah orang tua tersebut berjuang keras untuk menghidupi  dan memberikan pendidikan yang layak kepada anaknya dan ketika anak itupun dewasa dan sudah mendapatkan pendidikan yang layak, akhirnya anak itu pun sudah berhasil seperti apa yang diharapkan kedua orang tuanya dan kedua orang tuanya akan sangat bangga kepada anak tersebut karena apa yang telah orang tua perjuangkan untuk menghidupi dan memberikan pendidikan yang layak, pada akhirnya anak tersebutpun sudah menjadi anak yang berhasil seperti apa yang orang tuanya harapkan, disitu akan timbul kebahagiaan yang sangat indah dan memiliki rasa kebanggaan tersendiri bagi anaknya khususnya bagi kedua orang tuanya tersebut.
       Tapi lain halnya kepada orang tua yang memiliki satu anak dan akhirnya anak tersebut tidak berhasil dan tidak menjadi apa yang seperti orang tuanya harapkan, sangat jauh berbeda dengan cerita diatas yang anaknya berhasil.Orang tua hatinya pasti akan hancur dan sangat - sangat kecewa kepada anak tersebut, karena anak tersebutlah satu – satunya anak yang menjadi tumpuan hidup kedua orang tuanya dalam keluarganya tersebut, karena tidak ada lagi harapan selain anaknya tersebut.Sungguh sangat menyedihkan memang jika seorang anak yang menjadi harapan kedua orang tuanya tersebut tidak berhasil dan tidak menjadi apa yang orang tua inginkan, betapa tidak perjuangan berat kedua orang tua yang sudah lama dilakukan demi anaknya tersebut agar anaknya menjadi harapan kedua orang tuanya dan pada akhirnya pun harapan itu sudah hancur karena anak tersebut tidak dapat memenuhi harapan kedua orang tuanya itu.
       Kita sebagai manusia itu harus dapat menjadi harapan dan contoh yang baik untuk semuanya, untuk kehidupan kita kelak.Hidup itu bagaikan roda yang terus berputar kadang diatas dan kadang berada dibawah, dan waktu akan terus berjalan seiring dengan perkembangan zaman hidup ini keras dan penuh perjuangan dan pengorbanan, kita sebagai manusia harus sabar untuk menjalani hidup ini dan harus kuat menghadapi cobaan dalam hidup kita, karena semua itu ujian dari Tuhan.Ketika kita menjadi seorang anak, kita harus melakukan yang terbaik dalam kehidupan kita terutama kepada orang tua kita dan kita harus patuh kepada kedua orang tua kita, karena berkat perjuangan dan pengorbanan kedua orang tua kita, kita dapat menjadi apa yang orang tua harapkan kepada kita, kita disini semua adalah menjadi pemegang harapan – harapn yang sangat besar untuk masa depan kita, untuk itulah kita harus melakukan yang terbaik untuk hidup kita dan jangan pernah menyia – nyiakan waktu kita, karena waktu akan terus berjalan dan tidak dapat diulang lagi, kita harus menjadi yang terbaik untuk semuanya dan memberikan kebahagiaan pada mereka yang telah menggantungkan harapan yang besar kepada kita dan kita harus bisa membuktikan kepada mereka bahwa kita bisa menjadi apa yang mereka harapkan kepada kita dan membuat mereka tersenyum indah kepada kita. Cinta siapa yang tak kenal cinta. Macam2 cinta beraneka rasa,ada pahit,manis,asam bahkan ada yang ujung akhirnya berduka. Lengkap sudah bumbunya yg ada didalam masakan Cinta ini. Seorang hamba cinta kepada penciptaNya,seseorang anak kepada orang tuanya didasarkan Cinta,begitupun sebaliknya. Antara lelaki dan perempuan menjalin kasihpun karena cinta. Cinta banyak macamnya.
        Tapi cinta ada yang bahagia dan ada yg membuat kecewa. Seperti kisahku ini...Aku punya rasa cinta seperti manusia yang lainnya. Entah apa yg membuat aku ada rasa ingin didalam hati,ingin bertemu,ingin bercakap walau sebentar. Begitu memang rasa cinta pada umumnya. Cinta pertamaku bagaikan"Perahu yg tak ditemani dayung tuk mengayuhnya".
      Tak mungkin berjalan ketengah lautan tanpa sebuah dayung,perahu itu akhirnya memendam harapannya untuk berlayar jauh ketengah lautan. Sedih memang,berdiam hanya bisa memendam harapan yang tak pasti untuk menunggu dayung yg datang mengajak ketengah lautan. Sebulan,2bulan,3bulan menunggu,sampai setahun dayung pun tak kunjung menampakkan dirinya.
      Kecewa akhirnya kecewa, Aku kecewa...Perahu itu bagaikan diriku memiliki cinta yang tak berbalas. Menunggu Dia yg tak berperasaan sama hanya menumbuhkan rasa sedih yg mendalam. Pengalaman cintaku yang pertama pahit rasanya. Ingin kukubur sedalam-dalamnya sedalam palung dilautan. Akan kukunci rapat2 rasa cintaku ini.Tapi apakah ada yg memberikan harapan agar perahu itu bisa tersenyum berlayar ketengah lautan? Harapan yang semula hampir terkubur akhirnya bisa tergali lagi dan semoga saja galian itu bisa terbuka,terbuka sampai akhirnya terbang kelangit impian. Awal mulanya aku tak percaya dia seperti seseorang yg pernah mengisi hatiku dulu,walaupun cintaku hanya tersimpan dalam dipalung hati. Dari mulai sifatnya,gerak-geriknya, hati ini bak bunga mekar yang paling indah. Sedikit demi sedikit tumbuhlah rasa rindu yang menggebu,bila tak ada dia hati kecewa
       Ya sepertinya perahu itu akan memulai perjalanannya. Dalam hati ini bertanya apakah sebuah dayung itu akan menghampiri untuk menemani perjalanan sebuah perahu ketengah lautan?sebuah harapan yg tak tau kepastiannya. Aku tak ingin perahu itu hanya bisa memandang jauh sebuah dayung yg tak kunjung dekat. Dan Aku tak ingin pula Cinta ini bertepuk sebelah tangan,karena aku tak ingin seperti dulu. Entah harapan yg kecil itu bisa

0 komentar:

Posting Komentar

Profile My Blog

About Dik's

Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu'alaikum..... My Name is Andika Tri Murti, University Gunadarma

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.