TULISAN MANUSIA DAN KEGELISAHAN

MANUSIA DAN KEGELISAHAN
Sebagai manusia kita hidup selalu bersosialisasi dalam bermasyarakat.Manusia tidak selamanya hidup enak tanpa masalah – masalah yang mereka hadapi , tetapi mereka justru memiliki problem – problem yang mereka hadapi.Setiap manusia memiliki problem – problem dalam hidup mereka yang berbeda –beda dan juga cara penyelesaiannya pun juga berbeda- beda.Mereka pasti yidak tenang dengan masalah – masalah yang mereka miliki terkadang manusia itu sendiri tidak bisa mengatasi masalah atau menyelesaikannya sendiri, mereka tidak kuat untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.Tuhan pun memberikan ujian kepada manusia tapi tidak melampaui kemampuan manusia itu sendiri, jadi artinya seberat apapun masalah dan sebanyak apapun masalah yang kita hadapi pasti kita bisa menyelesaikan dan pasti ada jalan keluarnya untuk mengatasi masalah – masalah dalam hidup kita.
Manusia juga pasti gelisah dalam hidupnya, karena hidup yang sebenarnya itu keras banyak problem, banyak tugas dll, jadi manusia itu tidak terfokus pada satu hal saja yang mereka pikirkan dalam hidup mereka, mereka juga memikirkan hal – hal lain yang mereka miliki.Sebab itulah hidup manusia itu pasti selalu ada kegelisahan dalam hidup mereka.Kegelisahan itu sendiri adalah sifat yang tidak tenang dalam hidup selalu ada yang membebani dalam pikiran – pikiran manusia menjadi hidup tidak tenang.Itulah sebabnya manusia tidak tenang dalam hidup atau gelisah dikarenakan banyak masalah – masalah yang menghantui setiap kehidupan.Agar kita dapat mengatasi masalah – masalah kita dengan baik yaitu dengan cara kita harus tenang dulu sebelum menghdapi masalah tersebut dan jangan mengeluh dahulu, setelah itu kita pahami masalah apa yang kita alami dan cari tahu jalan keluarnya, selanjautnya anggaplah  semua masalah itu mudah terselesaikan, karena dengan begitu bila kita menyelesaikan masalah kita pasti akan mudah dan bila kita sejak awal sudah mengatakan masalah itu sulit untuk diselesaikan maka kita juga akan sulit untuk menyelesaikannya.
Memang setiap kehidupan manusia itu selalu ada kegelisahan, dan kita pun tidak bisa memungkiri kegelisahaan itu sendiri.Karena pada hakekatnya hidup itu tidak selamanya berjalan dengan lancar atau sempurna pasti ada halangan dan rintangan di tengah jalan seperti salah satunya kegelisahan manusia, bila kita terlalu bergelisah dalam hidup, itu juga akan membawa dampak buruk dalam kehidupan kita, karena apa? Yang pertama kita tidak akan fokus pada hal – hal lain yang lebih penting daripada bila kita terlalu memikirkan hal – hal yang belum pasti kebenarannya, yang kedua hidup kita akan menjadi berantakan karena semua masalah –masalah yang kita hadapi kita selalu bergelisah, dan yang ketiga akan membuat hidup kita menjadi sia – sia terlalu banyak waktu yang terbuang percuma hanya dengan memikirkan masalah – masalah tersebut dan selalu gelisah.
Jadi bila hidup kita ini tidak ingin selalu dihantui dengan kegelisahan – kegelisahan yang ada kita harus memperkuat iman kita dan juga cari solusi kepada orang yang kita percaya dapat membantu kita menyelesaikan masalah kita dengan baik dan benar, dengan begitu  satu per satu masalah hidup kita akan hilang, bila kita dapat menyelesaikan masalah kita dengan tenang semua masalah pasti akan mudah terselesaikan tanpa ada lagi gelisah dalam hidup kita dan jangan mudah putus asa dalam menyelesaikan masalah tersebut, kita harus semangat, kita harus optimis bisa bangkit dan menyelesaikan masalah tersebut dengan tuntas.Kita pasti bisa menyelesaikan masalah –masalah itu semua dengan niatan yang kuat dari hati dan jiwa kita semua itu pasti akan terlalui, dengan niat lah kita dapat menyelesaikan masalah – masalah tersebut dengan tuntas, karena bila kita tidak awali dengan niat untuk menyelesaikan atau mengatasi masalah kita, semua itu pasti akan sia- sia saja kita pasti akan menyerah ditengah jalan.Tapi dibalik semua masalah – masalah dan kegelisahan yang ada dalam hidup kita ada hikmah yang sangat berarti bagi kehidupan kita.Karena bila kita berpikir lebih jauh dan luas tentang kehidupan – kehidupan di dunia ini yang memiliki banyak problema dalam kehidupan ini ada makna yang tersirat.Jika tanpa masalah masalah dalam hidup kita yang kita miliki kita tidak akan pernah belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah terbut dengan baik, dan juga bila tidak ada masalah – masalah dalam hidup yang kita jalani, kita tidak akan bisa terus mencoba untuk menjadi yang lebih baik, dan bila kita tidak memiliki masalah – masalah dalam hidup kita, itu semua hanya akan menjadikan kita sebagai pengecut atau pecundang yang akan lari atau bersembunyi bila bertemu dengan masalah dan tidak ingin menyelesaikannya.
Semua itu memberikan pelajaran – pelajaran yang terbaik untuk hidup kita karena dengan masalah – masalah dan kegelisahan yang kita rasakan itu semua, menjadikan kita sebagai sosok manusia yang memiliki kepribadian yang kuat, menjadikan kita sebagai sosok manusia yang tangguh dalam segala hal, menjadikan kita sebagai manusia yang berbudi pekerti yang baik dan menjadikan kita sebagai sosok manusia yang cerdas.Itu semua adalah hikmah dibalik masalah – masalah dan juga kegelisahan yang kita rasakan.Yang terpenting disini adalah kita harus berpositif thinking saja terhadap masalah – masalah yang kita miliki dan juga memiliki rasa optimisme yang kuat dari dalam diri kita, dengan begitu kita akan menjadi manusia – manusia yang sudah disebutkan diatas tadi dan akan menjadikan hidup kita ini lebih bermakna.
Galau, Istilah galau akhir-akhir ini sering muncul di kalangan anak muda. Akan tetapi Perasaan galau sebenarnya tak hanya menyerang anak muda melainkan hampir semua usia bisa merasakannya. Sedangkan Galau sendiri memiliki banyak versi dan pengertian yang berbeda-beda. Akan tetapi pada intinya Galau adalah sebuah perasaan tidak enak yang ada pada pikiran karena kita bingung entah karena masalah cinta atau masalah pekerjaan yang memaksa kita untuk memilih sesuatu sehingga membuat kita bingung dan membuat emosi kita menjadi labil. Galau terjadi disaat kita berada pada suatu pilihan, sebelum melakukan pilihan dan sesudah menentukan pilihan. Akibatnya akan muncul Kata kata Galau di status facebook kita.
Biasanya Galau sering terjadi pada usia remaja yang sedang bingung atau dilema dalam masalah-masalah hidup yang dihadapi. Entah itu masalah asmara, masalah Sekolah atau mungkin karena terlalu bingung memikirkan masa depan. Orang yang galau kadang terlihat jelas ketika mereka menulis status di facebook. Dan banyak sekali kata-kata galau menurut Kamus pergalauan indonesia.
Galau adalah saat dimana Tuhan menunjukkan kepada kita saat yang sulit atau bingung karena sebuah pilihan. Disaat inilah kita harus bersikap lebih dewasa dan berfikir untuk bisa hidup lebih baik. Jangan terlalu berlarut dalam menikmati rasa Galau, segeralah keluar dari perasaan tersebut dan melangkahlah dengan pasti. Aku, siswa salah satu Sekolah Menengah Atas di Jakarta, seperti siswa kelas 3 pada umumnya, tahun ini, aku akan menghadapi Ujian Nasional. Ujian Nasional yang selalu menjadi beban tersendiri bagi para siswa kelas 3, karena itu lah yang akan menjadi penentuan masa depan mereka. Masa depan mereka akan dimulai ketika mereka sudah bisa melewati Ujian Nasional dengan nilai yang baik, begitu pula sebaliknya, jika tidak berhasil melewati Ujian Nasional tersebut, masa depan akan terganggu, karena kita harus mengulang tahun depan, dan itu artinya pula, kita akan mengalami banyak kerugian, rugi waktu, rugi biaya, rugi usia, dan lain sebagainya. Di tambah lagi, rasa malu yang akan kita dapat karena kita tidak lulus Ujian Nasional.

Uuuhhhh, hal itu lah yamg membuat siswa kelas 3 tingkat SMA menjadi cemas dan gelisah. Kami tidak mau mengalami kegagalan, dan kami tidak mau mengecewakan orang orang disekitar kami, yang telah menaruh harapan besar pada kami.
Namun, aku berusaha untuk tetap tenang, aku memotivasi diriku sendiri agar tetap tenang dalam menghadapi UN, walaupun Ujian Nasional masih 4 bulan lagi, aku sudah mulai mempersiapkan diri sejak dini.

Kegiatan belajar-mengajar di sekolah aku ikuti dengan baik, mulai dari Pendalaman Materi, Jadwal Khusus, serta tambahan lainnya. Selain belajar di sekolah, aku juga mengikuti bimbingan belajar di luar (les). Memang sangat melelahkan, tapi aku berusaha untuk tetap focus menjalaninya, karena aku tidak mau menyesal di kemudian hari. Jadi, seperti kata pepatah “ berakit-rakit dahulu berenang-renang ketepian. “

Hari demi hari aku lewati seperti itu, hanya berhadapan dengan soal, soal, dan soal. Aku pun sempat sampai pada titik jenuh. Saat dalam kondisi seperti itu, aku biasanya mengatasinya dengan jalan-jalan ke Mall, atau menonton film. Atau biasanya juga aku berkumpul bersama teman, bersendau gurau, untuk sejenak menghilangkan pikiran dari Ujian Nasional. Dan biasanya, cara tersebut cukup ampuh untuk mengatasi rasa jenuh ku.

Dan sampailah pada Try Out pertama, aku berusaha mengikuti nya dengan baik. Tetapi saat Try Out pertama selesai dan hasilnya diketahui, aku sangat kecewa karena nilai ku rendah. Walaupun nilainya memenuhi syarat kelulusan, tapi tetap saja aku tidak puas. Aku ingin mendapat nilai yang baik, supaya bisa membanggakan kedua orangtuaku.

Karena mendapat nilai jelek di Try Out pertama, akau berusaha lebih giat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan Alhamdulillah nilaiku perlahan mulai membaik, orang tua ku pun ikut senang.
Hari berjalan terasa cepat. Tak terasa, Ujian Nasional sudah tinggal 2 minggu lagi. Berbagai macam soal Try Out pun sudah ku hadapi. Aku berharap soal tersebut tidak akan berbeda jauh dengan soal Ujian Nasional Utama nanti.


Karena waktu sudah semakin dekat, aku pun maningkatkan porsi belajarku dengan belajar kelompok bersama teman ku. Kami biasanya belajar bersama di perpustakaan saat pulang sekolah.
Dan hari itu pun tiba, hari dimana siswa kelas 3 SMA di Indonesia menghadapi Ujian Nasional. Hari pertama aku lewati dengan lumayan baik, dan selesailah sampai hari ke empat. Ada rasa plong di diriku karena akhirnya aku sudah melewati Ujian Nasional. Ujian Sekolah dan Ujian Praktek pun sudah Aku lewati.


0 komentar:

Posting Komentar

Profile My Blog

About Dik's

Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu'alaikum..... My Name is Andika Tri Murti, University Gunadarma

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.